• Teknik Pengendalian Biaya Dalam Konsep Managed Care

    Metode Kompensasi / pembayaran kepada para Provider merupakan unsur penting dalam upaya pengendalian biaya pada Managed Care. Oleh karenanya pengelola Managed Care harus tepat dalam memilih metode kompensasi kepada para Provider rekanan mereka.

    Pengendalian Biaya Melalui Cara Reimburstment

    Dalam Managed Care, Dokter Pelayanan Primer merupakan kunci utama dalam pengendalian biaya serta utilisasi pelayanan. Ini dikarenakan dokter tersebutlah yang memberikan perawatan dasar bagi para tertanggung serta mengendalikan rujukan ke Dokter spesialis ataupun untuk melaksanakan pelayanan tingkat lanjut. Dengan Metode Reimburstment untuk membayar jasa Dokter Primer, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan, a/l:

    1. Gaji; Biasanya diberikan berdasarkan kinerja masing-masing dokter serta efektifitas dan insentif mereka dalam memberikan utilisasi pelayanan. umumnya penghasilan mereka akan menjadi lebih kecil dari pada jika menggunakan metode fee for service. namun demikian terdapat fasilitas lainnya yang diperoleh dokter tsb antara lain: asuransi malpraktek, pensiun, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dll.

    2. Kapitasi; Dokter pelayanan primer dibayar sejumlah uang dengan nilai yang tetap per bulan per anggota, dengan tanpa memperhitungkan jumlah kunjungan atau biaya pelayanan. untuk dapat menggunakan metode ini, maka harus dihitung dengan cermat perkiraan jumlah biaya nya. antara lain dengan mempertimbangkan jumlah pasien, kategori pasien, usia, gender, dll.

    3. Fee for service; pada pola Managed Care metode fee for service nya berbeda dengan metode pada asuransi kesehatan konvensional. Pada Managed Care, bentuk fee for service yang digunakan yaitu:
    a. Negotiated fee; Yaitu seperangkat tarif yang disepakati pengelola Managed care dengan para Provider dan berlaku bagi setiap jenis pelayanan ditambah juga dengan diskon yang umum diberlakukan oleh provider.

    b. Global fee; seperangkat atau kumpulan negotiated fee dimana seluruhnya sudah tercakup. jadi tarif berlaku untuk satu kali perawatan sampai dengan selesai.

    4. Pool Rujukan (referral pool)

    5. Carve - outs